Sekilas Tentang Recycle Waste: Apa yang Perlu Diketahui?

Sekilas Tentang Recycle Waste Apa yang Perlu Diketahui

Jika dilihat, permasalahan sampah menjadi persoalan yang terus terjadi dan tidak berakhir. Penumpukan sampah yang terjadi menjadi pemandangan sehari-hari yang sebenarnya berdampak buruk pada kelestarian lingkungan. Hal inilah yang menjadi dasar munculnya istilah recycle waste sebagai salah satu cara yang dilakukan untuk menangani masalah sampah.

Perlu diketahui bahwa pada kondisi ideal, sampah yang dibuang tersebut akan mengalami proses daur ulang sehingga bisa dijadikan produk yang baru dan digunakan kembali. Namun, karena sampah yang dihasilkan bertambah banyak, proses daur ulang pun tidak bisa dilakukan dengan baik dan sampah pada akhirnya hanya ditumpuk saja di tempat pembuangan akhir.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal penting terkait recycle waste yang perlu Anda ketahui. Penasaran? Simak ulasannya!

Pengertian Recycle Waste

Sebelum membahas lebih lanjut tentang recycle waste, tentu Anda perlu mengetahui apa yang sebenarnya dimaksud dengan recycle waste tersebut. Daur ulang sendiri merupakan suatu pemrosesan sampah yang dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk baru yang bisa dipakai.

Misalnya saja, sampah kertas yang didaur ulang untuk menjadi kertas baru dan digunakan kembali atau lainnya.

Ketika membahas tentang peranan recycle waste atau daur ulang dalam upaya menjaga keberlanjutan bumi, maka ada beberapa manfaat penting yang juga perlu Anda ketahui. Bisa dikatakan jika manfaat tersebut nantinya bisa menjadi pendorong kenapa Anda perlu melakukan konsep recycle waste tersebut.

Adapun beberapa manfaat dari proses recycle waste tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Sampah yang menumpuk bisa diolah menjadi bahan baku yang baru dan digunakan kembali nantinya
  • Polusi dan pencemaran yang disebabkan oleh sampah nantinya bisa berkurang secara signifikan
  • Tidak ada kerusakan pada lahan yang diakibatkan karena penumpukan sampah yang terjadi
  • Emisi gas rumah kaca nantinya akan jauh lebih rendah

Beberapa poin di atas menjadi manfaat yang akan didapatkan dari proses recycle waste. Tentu saja, selain beberapa manfaat tersebut, proses recycle waste akan memberikan beragam manfaat lain yang sangat penting, termasuk mendukung pertumbuhan ekonomi apabila dilakukan dengan cara yang tepat.

Jenis Daur Ulang Sampah yang Bisa Dilakukan

Berbincang tentang recycle waste, ada beberapa jenis daur ulang sampah yang bisa dilakukan. Adapun beberapa jenis daur ulang tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Daur ulang primer

Daur ulang primer merupakan kegiatan recycle waste yang dilakukan dengan cara mengubah sampah tertentu untuk menjadi bahan baku barang yang serupa. Contoh mudah jenis recycle waste ini adalah daur ulang botol plastik bekas yang akan menghasilkan bahan pembuatan botol plastik yang baru.

  • Daur ulang sekunder

Daur ulang sekunder merupakan jenis recycle waste yang seringkali dilakukan karena kemudahannya. Hal ini dikarenakan jenis daur ulang ini bisa dilakukan untuk membuat benda baru tanpa penggunaan bahan kimia tertentu. Contoh mudah tentang jenis recycle waste ini adalah mengubah botol plastik menjadi pot bunga dan lainnya.

  • Daur ulang tersier

Jenis recycle waste lain adalah daur ulang tersier. Bisa dikatakan jika jenis recycle waste ini adalah yang paling rumit karena meliputi penghancuran sampah menjadi bahan kimia tertentu sebelum dijadikan barang yang baru. Contoh dari daur ulang tersier adalah mengubah sampah plastik menjadi bahan untuk pakaian.

Demikian beberapa ulasan tentang recycle waste yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.