Kenali Jenis Jenis Obat Laksatif Di Apotik

obat laksatif di apotik

Salah satu cara jitu untuk membantu mengatasi keluhan sembelit adalah dengan mengonsumsi obat laksatif. Anda bisa menemukan beragam pilihan obat laksatif di apotik dalam beragam jenis. Dan masing masing jenis bekerja dengan cara yang berbeda. Mana sebaiknya yang Anda pilih?

Pahami Dulu Kenapa Seseorang Sembelit

Sebelum memutuskan jenis obat laksatif di apotik apa yang Anda akan pilih untuk mengtatasi keluhan sembelit, Anda perlu pahami dulu apa sebenarnya yang menyebabkan sembelit yang tengah Anda alami ini.

Kebanyakan kasus sembelit berkaitan dengan kurangnya kadar serat larut dalam asupan yang Anda konsumsi. Sehingga tidak banyak kadar air yang terikat pada feses. Membuat feses menjadi kekurangan air, menjadi lebih keras dan padat. Sehingga sulit untuk keluar melalui usus besar dan anus.

Namun, sembelit juga bisa berkaitan dengan masalah pada anus. Seperti lemahnya gerak peristaltik pada area rektum dan anus. Sehingga feses tidak mudah keluar. Perbedaan kondisi tentu saja perlu penganangan dengan jenis obat laksatif yang berbeda.

Apa Saja Jenis Obat Laksatif di Apotik?

Jenis obat laksatif di apotik sebenarnya sangat beragam. Ada yang dapat Anda beli dengan bebas sedang yang lain hanya dapat Anda beli dengan resep dari dokter. Adapun jenis jenis obat laksatif di apotik dengan fungsinya masing masing adalah sebagai berikut.

mengatasi sembelit dengan efek laksatif

Obat Laksatif Bulk Forming

Istilah bulk forming merupakan gambaran dari fungsi obat laksatif ini yang bekerja membentuk massa feses dengan menambahkan unsur serat larut ke dalam feses. Serat larut ini bersifat mengikat air dan membantu melunakan feses. Sehingga feses akan lebih mudah untuk keluar.

Biasanya jenis obat ini berupa makanan atau minuman obat gel yang dikonsumsi di pagi hari. Setelah beberapa jam, efek laksatifnya akan bekerja dengan mendorong rasa ingin BAB. Contohnya seperti vegeta, Laxassia, Maximus dan G-Lo.

Obat Laksatif Pelumas

Ini adalah jenis obat pencahar yang bekerja dengan memberikan memasukan cairan pelumas menuju anus. Nantinya minyak akan menyelubungi feses yang padat dan kesat. Sehingga lebih licin dan mudah untuk keluar.

Biasanya jenis obat ini dijual bebas dalam bentuk gliserol atau Suppositoria gliserin. Jenis obat semacam ini ada yang dimasukan lewat anus atau diminum. Biasanya untuk jenis obat minum, kandungan dipadukan dengan khasiat laksatif lain (Laxadine)

Laksatif Pelunak Feses

Jenis pencahar ini termasuk yang banyak Anda temukan di pasaran. Juga banyak menjadi resep untuk mereka dengan keluhan sembelit ringan. Biasanya Anda juga bisa membelinya tanpa resep dari dokter.

Cara kerjanya adalah dengan mendorong usus menarik air lebih banyak. Sehingga feses di dalamnya turut menjadi lunak dan lebih mudah untuk keluar. Jenis obat laksatif dalam kategori ini termasuk keras, contohnya adalah docusate (Laxatab, Bufiron, Neolaxa) atau lactulose (Dulcolactol, Duphalac, Lactofid, Lactulax)

Efek Laksatif Osmotik

Anda juga cukup familier dengan jenis obat yang biasanya melalui anus baik dalam bentuk kapsul ataupun cairan gel. Contoh jenis obat kategori ini seperti larutan magnesium hidroksida (Laxasium) dan polyethylene glycol (Microlax, Rectolax, Daylax, Niflec).

Cara kerjanya adalah dengan memberi efek lumas pada feses sekaligus gelnya akan meresap ke dalam feses sehingga feses melunak. Efek lumas ini juga akan membantu meningkatkan gerak usus dalam tingkat kecil sehingga dapat membantu mendorong keluarnya feses.

Obat Laksatif Stimulan

Ini adalah jenis obat pencahar yang lebih berkonsentrasi pada mendorong peristaltik usus besar, rektum dan anus. Sehingga feses lebih mudah keluar. Sebaiknya tidak sembarangan membeli jenis pencahar ini karena biasanya dokter perlu memutuskan apakah pasien perlu mendapatkan terapi stimulant peristaltik semacam ini.

Di pasaran obat laksatif jenis ini dijual dalam merek dagang seperti bisacodyl (Dulcolax, Laxacod, Custodiol, Laxana, Prolaxan, Stolax). Sebaiknya pastikan mendapatkan resep untuk menembus obat laksatif di apotik jenis ini.

Bagaimana cara aman untuk mengonsumsi obat laksatif di apotik? Dan bagaimana sebaiknya pencegahan sembelit? Anda bisa temukan jawabannya di laman deherba.com.