Menilik Jasa Pembuatan Website Murah, Namun Tetap Jangan Ngasal!

18

Pembuatan website itu murah kok! Yang mahal adalah pengisian konten dan marketing-nya. Namun bukan berarti kita asal dalam memilih harga. Karena ada kalanya kita tertipu akibat teriming-imingi harga yang terlalu rendah tanpa riset.

Secara rata-ratanya, jasa pembuatan website murah itu tidak lebih dari 2 juta rupiah. Ini belum termasuk pembelian domain dan penyewaan hosting ya!

Soalnya, kedua elemen tersebut (domain dan hosting) cenderung mengikuti jenis paket yang kita inginkan.

Harga domain berbeda-beda dari satu vendor dengan vendor yang lainnya. Sementara hosting tergantung jenis dan besaran kapasitas data yang dapat dimuat.

Dikarenakan kata murah itu terlalu berbaur dan cenderung tak menentu besarannya, mending kita ukur dengan hitungan matematis yuk!

Cara Menghitung Jasa Murah atau Tidak

Ada harga ada barang. Selain mengikuti hukum permintaan dan penawaran, kualitas juga bisa menjadi patokan yang sangat kuat terhadap harga suatu jasa atau barang.

Ini pun berlaku bagi jasa pembuatan website. Buat mereka yang sudah memiliki nama dan terpercaya, harga 2 juta mungkin kurang mumpuni.

Apalagi jika paket tersebut disertai dengan toko online, pengisian konten, hingga jasa SEO, maka budget yang harus disediakan pun harus lebih tinggi lagi.

Jika ingin mendapatkan paket yang komplit, maka siapkan saja dulu 10 juta sebagai modal awal untuk desain, pengisian konten, dan social signal.

Setelah itu baru budget dihitung per bulan sebagai bagian dari maintenance dan pola marketing.

Maintenance vs Marketing

Sekarang jika ditanya, mahalan mana antara maintenance dan marketing? Maka jawabannya “cenderung dari masing-masing kebutuhan”.

Untuk update artikel masuk ke dalam harga maintenance. Jika misalnya kamu memilih untuk update artikel sekali sehari dengan total kata 1000 words, maka siapkan saja 50.000 x 30 = 1.5 jutaan per bulan.

Sementara untuk faktor marketing harus disesuaikan terlebih dahulu dengan faktor saingan yang harus dihadapi.

Jika tak terlalu sulit, maka social signal, backling profil, dan backlink kontekstual dari web 2.0 juga sudah cukup, yang mana menghabiskan antara 1-1.5 juta per bulan.

Lain lagi jika saingannya berat, maka mau tak mau harus menggunakan PBN yang harganya jauh lebih gila.

Sekurang-kurangnya harus siap dana 10 juta untuk sekali pakai. Jika ternyata masih kurang mampu menyalip saingan, maka 10 juta berikutnya harus siap kamu bakar lagi. Dan begitu seterusnya!