Mengenal Macam-Macam Genset dan Mekanismenya

 

Sebagai alternatif unit penyuplai daya, genset pun tak luput dari sentuhan inovasi. Berbagai pembaruan dan peningkatan mulai dari sisi mesin, tampilan hingga fungsi diberikan demi menciptakan unit yang dapat memberikan pasokan daya yang efisien, reliabel dan fungsional.

Seperti yang diketahui bahwa perangkat elektronik saat ini semakin canggih. Sayangnya, kecanggihan ini tidak selalu dibarengi dengan kualitas komponen elektrik yang tahan dengan daya listrik yang tidak stabil. Genset sebagai penyuplai daya pun dituntut dapat menghadirkan pasokan daya yang kuat dan aman. Kali ini EO di Jogja akan menjelaskan beberapa jenis genset saat ini antara lain; 

Genset Gas (LPG dan CNG)

Dalam dunia industri, genset yang digunakan umumnya menggunakan bahan bakar gas LPG (Liquid Petroleum Gas) ataupun CNG (Compressed Natural Gas). Gas seperti CNG dialirkan melalui sistem pipa sebagai bahan baku penggerak genset. 

Genset Diesel

Genset jenis ini tergolong sangat umum dan banyak ditemukan saat ini. Dengan harga yang relatif  murah dan harga bahan bakar yang lebih terjangkau, jenis genset ini banyak dipilih oleh masyarakat dan jasa penyewaan genset EO di Jogja

Genset Bensin    

Hampir sama dengan genset diesel, genset berbahan bakar bensin juga umum digunakan oleh masyarakat saat ini dalam berbagai kebutuhan. Dengan varian kapasitas yang juga beragam mulai 1000 watt dan bensin yang mudah didapat, genset ini pun menjadi populer dan banyak diminati. 

Genset Portable

Sesuai dengan namanya, genset portabel ini lebih mengutamakan fleksibilitas dimana ia memiliki ukurang yang ringkas dan dapat dibawa kemana-mana. Genset jenis ini biasa digunakan untuk acara outdoor hingga berjualan kaki lima yang diletakkan dalam bak mobil. Portabilitas menjadi alasan mengapa genset ini populer di kalangan masyarakat.

Genset Turbin 

Genset jenis ini mungkin jarang dijumpai lantaran membutuhkan instalasi yang sangat kompleks dan besar. Genset ini memiliki kapasitas sangat besar sekitar 2.000.000 watt yang umumnya digunakan untuk menyalakan lampu di kawasan perkotaan. Untuk menghasilkan listrik sebesar itu, generator ini menggunakan putaran turbin sebagai sumber daya.

Demikianlah beberapa macam genset berdasar jenis bahan bakar dan ukurannya. Semoga bermanfaat dan jika Anda membutuhkan layanan penyewaan genset terutama di Jogja dan sekitarnya, Anda dapat mengunjungi jasa EO di Jogja untuk informasi lebih lengkapnya.