Manfaat Protein Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat Protein Untuk Ibu Hamil dan Janin

Wanita hamil harus makan makanan yang sehat dan gizi seimbang setiap hari. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil dan janin yang dikandungnya serta menjaganya agar tetap sehat. Ibu hamil perlu mengkonsumsi beberapa zat gizi, salah satunya adalah protein. Lalu apa saja manfaat protein bagi ibu hamil?

Manfaat Protein untuk Ibu Hamil

Protein adalah nutrisi penting yang perlu Anda konsumsi selama kehamilan beserta berbagai nutrisi lainnya yang sangat penting bagi tubuh. Asupan protein harian yang disarankan untuk orang dewasa adalah sekitar 45 gram. Sementara itu, kebutuhan protein ibu hamil meningkat menjadi 75 gram, yaitu 1,1 gram per kilogram berat badan karena sekaligus memenuhi kebutuhan janin dalam perut.

Memenuhi kebutuhan protein selama kehamilan memiliki beberapa manfaat bagi ibu hamil dan janin. Beberapa manfaatnya yaitu protein sangat penting untuk membantu perkembangan jaringan tubuh janin, termasuk otak.

Pada trimester kedua dan ketiga kehamilan, pertumbuhan janin meningkat umumnya akan meningkat. Di masa-masa inilah mengapa asupan protein penting selama kehamilan sehingga janin bisa tumbuh sehat hingga ia lahir.

Manfaat protein juga sangat penting untuk perkembangan payudara dan rahim ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang berkembang. Bayangkan jika asupan nutrisi protein ini kurang yang bukan hanya akan berdampak pada kesehatan ibu namun juga bayi dalam kandungan.

Apa Dampak Ibu Hamil Kekurangan Protein?

Kita sudah tahu manfaat dari kandungan nutrisi yang cukup di dalam tubuh bagi ibu hamil. Lalu apa dampak dari kekurangan protein? Beberapa kemungkinan dampak negatif dari protein yaitu berat badan bayi yang lahir rendah, pertumbuhan dan perkembangan janin terlambat, perkembangan jaringan otot anak belum optimal, produksi antibodi bayi belum optimal, dan massa otot ibu berkurang.

Inilah mengapa sangat penting untuk selalu memenuhi kebutuhan protein harian dan gizi lainnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Pilihlah sumber protein terbaik misalnya ayam dan daging sapi, keju, yoghurt, susu dan ikan.

Protein juga dapat ditemukan pada sumber nabati seperti tahu, tempe dan kedelai. Orang dengan masalah kolesterol sebaiknya meningkatkan asupan sumber protein nabati atau memilih sumber protein hewani rendah lemak.

Protein memang memiliki manfaat yang penting untuk ibu hamil dan bayi yang belum lahir. Namun, ibu hamil harus membatasi asupan protein untuk menghindari overdosis protein. Faktanya, asupan protein yang berlebihan dapat meningkatkan risiko batu ginjal. Alih-alih mendapatkan manfaat dari memenuhi kebutuhan protein, akhirnya justru berakibat buruk karena kelebihan konsumsi protein.

Bagi ibu hamil yang ingin lebih praktis dalam memenuhi kebutuhan nutrisi harian termasuk mendapatkan manfaat protein bagi ibu hamil dan janin, bisa mengonsumsi Nestle Mom yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap seperti DHA, prebiotok FOS, kalsium, asam folat, protein, rendah gula dan rendah lemak, vitamin, dll.