Manfaat Melakukan Plogging yang Harus Diketahui

Manfaat Melakukan Plogging yang Harus Diketahui

Pada saat membicarakan soal gaya hidup yang seimbang dan sehat, orang Swedia dan cara hidup mereka sebenarnya bisa dijadikan sebagai contoh. Salah satu tren asal Swedia yang muncul di tahun 2016 dan populer sampai saat ini yaitu plogging.

Untuk bisa melakukan plogging ini sebenarnya bisa seorang diri, atau bersama dengan kelompok besar. Bisa juga sambal mengajak anjing peliharaan jalan-jalan, atau mungkin saat akan menuju cafe favorit. Dalam hal ini Anda bisa melakukannya di pagi hari, sebelum berangkat kerja, atau mungkin saat sore hari.

Manfaat Penting dalam Aktivitas Plogging

Apakah saat ini Anda ingin mencoba melakukan plogging? Maka Anda tidak memerlukan banyak alat dan biaya. Karena Anda akan melakukan aktivitas olahraga seperti biasa hanya bedanya Anda melakukannya sambal memungut sampah. Lalu seperti apa manfaatnya?

1. Kesehatan dan Olahraga

Tahukah Anda jika resiko penyakit depresi, obesitas dan kanker bagi orang yang banyak duduk dan yang tidak mau aktif secara fisik meningkat sebanyak dua kali lipat, baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Hal ini sebenarnya tidak diragukan lagi jika saat akan menggerakkan tubuh, maka akan memberi manfaat untuk kesehatan, dimana plogging ini adalah kegiatan aktivitas sederhana mengenai variasi gerakan seperti berjongkok atau membungkuk.

2. Menangani Polusi Plastik

Sampah yang dibuang sembarangan dan tidak dipungut oleh orang, tentulah akan berakhir di tempat yang tidak semestinya, seperti di sungai lalu nanti akan mengalir ke laut. Plogging ini sendiri bisa membantu mencegah sampah tersebut supaya nanti tidak mencemari ekosistem di dalamnya.

3. Menyelamatkan Satwa Liar

Pada saat ada orang yang membuang sampah dan mengotori lingkungan, maka salah satu yang akan menderita adalah satwa dan hewan liar, seperti bagaimana penyu, hewan mamalia laut akhirnya harus tersedak kantong plastik yang di buang. Bukan hanya itu saja, namun juga burung laut, serta hewan-hewan yang memiliki habitat di pesisir pun pasti akan merasakan dampaknya.

4. Mengurangi Beban Biaya Sosial

Tahukah Anda jika tahun 2015, biaya untuk membersihkan tempat publik di Swedia dari sampah mampu berkurang sebesar 2 juta (mata uang Swedia). Bayangkan saja jika uang yang mampu dihemat itu bisa dialokasikan untuk menangani masalah lain yang lebih penting.

Tips Untuk Bisa Melakukan Plogging

  1. Memilih rute plogging. Dalam hal ini silahkan tentukan rute plogging yang Anda tahu memiliki banyak sampah, namun masih tetap aman.
  2. Perlengkapan plogging. Jangan pernah lupa untuk membawa kantong sampah, sarung tangan, serta cairan desinfektan jika diperlukan.
  3. Bagikan Aktivitas Plogging Anda. Artinya adalah dokumentasikan kegiatan plogging dan bagikan di media sosial. Ini bisa menjadi referensi untuk teman-teman, keluarga, serta kolega Anda supaya ikut mencoba melakukan hal yang sama agar lingkungan tetap terjaga.

Melakukan kegiatan plogging adalah salah satu cara tepat untuk bisa menjaga lingkungan tetap bersih. Anda akan tetap sehat dan lingkungan tidak akan tercemar lagi.