Macam Pakan Ayam Bangkok yang Wajib Anda Tahu

pakan ayam bangkok

Pakan Ayam Bangkok – Anda mempunyai ternak ayam bangkok di rumah? Tapi belum mengetahui bagaimana pemberian pakan yang tepat, maka artikel ini tepat anda baca karena akan memberikan informasi seputar macam-macam pakan anak ayam bangkok.

Pakan Ayam Bangkok Umur 1-3 Bulan

Diumur satu hingga tiga bulan pakan yang diberikan untuk ayam bangkok harus memperhatikan kalsium dan protein yang tinggi. Mengingat, di usia ini ayam akan bergerak lebih intens sehingga pemberian pakan harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ayam.

pakan ayam bangkok

Pakan dengan kandungan kalsium dan protein serta efektif untuk menunjang pemenuhan nutrisi ayam yaitu Pur dan Vita chick. Campur pur dengan vita chick dengan air hangat lalu berikan kepada anak ayam.

Selain memperhatikan nutrisi yang diterima oleh anak ayam, Anda juga perlu menjaga kebersihan kandang. Kandang yang kotor bisa mengganggu pertumbuhan anak ayam bangkok bahkan tidak jarang bisa menyebabkan keracunan pada anak ayam.

Pakan Ayam Bangkok Umur 3-6 Bulan

Anak ayam bangkok yang sudah berusia 3 sampai 6 bulan harus diberikan pakan yang bisa menunjang pembentukan daging. Oleh karena itu di usia ini pemberian pakan harus mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi.

Pakan yang bagus untuk diberikan adalah campuran pur (agak kasar) dengan nasi. Ketika anak ayam bangkok sudah berusia hampir 6 bulan maka berikan nasi sebagai campuran pakan dalam jumlah yang lebih banyak agar bisa menunjang pembentukan daging dan pertumbuhan ayam supaya cepat besar.

Pakan Ayam Bangkok Umur 6 Bulan ke-atas

Ketika anak ayam bangkok berusia 6 bulan ke atas maka jenis pakan yang diberikan bisa menggunakan pakan dengan tekstur yang lebih keras lagi yang bisa Anda beli dari toko yang jual pakan ayam. Terdapat dua pilihan jenis pakan yang dapat anda gunakan.

Untuk ayam bangkok jenis pakan yang diberikan yaitu bisa menggunakan campuran dedak dengan jagung. Campuran kedua pakan tersebut sangat cocok diberikan untuk ayam bangkok jenis pukul. Sedangkan untuk ayam bangkok jalu pemberian pakan bisa menggunakan campuran konsentrat, gabah dan beras merah.

Jangan lupa untuk tetap memberikan air minum sebagai pendamping pakan ayam bangkok. Berikan air minum dalam jumlah yang tidak terbatas yang airnya tetap harus diganti setiap hari. Anda bisa menambahkan vitamin pada air minum untuk mempertahankan daya tahan tubuh ayam bangkok.

Demikian tadi penjelasan mengenai macam-macam pakan anak ayam bangkok yang bisa anda ketahui dan semoga artikel ini bermanfaat.