Ketahuialah, Ini yang Perlu Para Orang Tua Pahami Bila Anak Tidak Mau Makan

Ketahuialah Ini yang Perlu Para Orang Tua Pahami Bila Anak Tidak Mau Makan

Kurangnya memiliki nafsu makan mungkin sudah pernah terjadi pada semua orang. Terkadang ini bisa menjadi problema bagi kebanyakan orang, tidak hanya bagi orang dewasa namun juga bagi anak-anak. Tetapi bagi orang dewasa tidak nafsu makan mampu ditangani sediri dengan baik.

Berbeda hal nya dengan anak-anak yang tida memiliki nafsu makan, biasanya iini terjadi kerna berbagai macam pengaruhnya. Akan tetapi hal ini sangat perlu diperhatikan dan ditangani oleh orang tua, karena bila tdak ditangani dengan baik nantinya anak akan emngalami gangguan kesehatan.

Tentu bagi kebanyakan orang tua tidak mengiingginkan bila anaknya megalami gangguan kesehatan apalagi sampai menghambar pertumbuhan dan perkembangan dari seorang anak. Maka dari itu sebagai orang tua sangatlah penting untuk mengetahui keadaan anak ketika sedang tidak nafsu makan.

Mungkin pada sebagian orang tua sudah cukup mengetahui penyebab anak tidak mau makan, karena orang tua tersebut sangatlah memperhatikan tumbuh kembang buah hatinya serta memiliki ilmu yang cukup hinggi bisa paham betul penyebabnya. Namun tidak sedikit juga orang tua yang masih belum mengetahui penyebabnya. Kalau begitu inilah beberapa alasan dari penyebab anak tidak mau makan.

  1. Memiliki Penyakit

Penyakit menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi nafsu makan pada anak. Karena bila anak mengidap penyakit seperti penyakit sakit kepala, radang tenggorokan, sembelit, diare, dan lain-lain, nantinya akan mengurangi nafsu makan si anak tersebut karena akan lebih terasa sakit ketika makan. Namun biasanya anak akan pulih dan nafsu makannya akan kembali seiring peyakitnya sembuh.

  1. Mengalami Stress

Tidak hanya pada anak-anak saja tetapi kadang orang dewasa pun akan kehilangan nafsu makannya ketika stress. Stress merupakan fenomenan psikologis yang bisa diakibatkan oleh berbagai hal, yaitu bila pada anak stress bisa terjadi biasanya akibat setelah kehilangan sanak keluarga, kehilangan hewan peliharaan, dikucilkankan oleh teman-teman atau dirundung, dan lain sebagainya. Hal inilah yang merupakan penting untuk diperhatikan oleh orang tua.

  1. Pertumbuhan Anak Melambat

Pada tahap awal pertumbuhan anak mengalami percepatan namun lambat laun pertumbuhan itu nantinya akan melambat serta mempu mempengaruh beberapa hal yang ada pada diri anak, salah satunya yaitu nafsu makan menurun. Kondisi yang dimaksud adalah kondisi negativistic, yaitu kondisi dimana anak akan mengalami proses belajar berupa penolakan dan timbulnya ego pada diri anak. Sehingga sangat penting bagi orang tua untuk selalu menjalin komunkasi yang baik dengan buah hati

Itulah beberapa hal mengenai penyebab yang mempengaruhi anak tidak mau atau tidak nafsu makan, wajib hukumnya bagi orang tua untuk mengetahui hal-hal yang ada diatas. Jangan panik ketika anak tidak nafsu makan, tetapi carilah penyebabnya terlebih dahulu dan temukan solusi agar anak menjadi nafsu makan.