Berbagai Jenis Alat Kontrasepsi yang Paling Populer

jenis alat kontrasepsi

Salah satu jenis alat kontrasepsi bagi wanita adalah kondom. Kondom melindungi kedua pasangan dari penyakit dan dengan demikian merupakan metode yang efektif bagi wanita untuk mencegah kehamilan. Seorang wanita dapat membeli paket kondom di apotek mana pun. Atau, wanita bisa membuatnya sendiri. Jenis kontrasepsi untuk wanita ini bekerja dengan menekan ovulasi.

Kontrasepsi darurat terdiri dari penggunaan tablet hormonal yang mencegah ovulasi. Jenis kontrasepsi untuk wanita ini bekerja paling baik jika digunakan kurang dari tiga bulan. Itu dapat dibeli di atas meja atau dari toko obat.

Jenis Alat Kontrasepsi yang Paling Populer

Banyak wanita berusia 15 tahun ke atas membutuhkan beberapa jenis kontrasepsi setiap hari. Salah satu jenis kontrasepsi untuk wanita berusia lima belas tahun ke atas dimasukkan ke dalam vagina. Jenis kontrasepsi untuk wanita berusia lima belas tahun ke atas tidak boleh digunakan jika aborsi direncanakan karena dapat mencegah kehamilan. Alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) adalah jenis kontrasepsi lain untuk wanita. IUD dimasukkan ke dalam rahim dan bertindak sebagai penghalang terhadap kehamilan yang tidak diinginkan.

Beberapa kontrasepsi tersedia tanpa resep dan beberapa diresepkan oleh dokter. Dua alat kontrasepsi yang paling umum diresepkan oleh dokter adalah patch kontrasepsi dan cincin kontrasepsi. Cincin dimasukkan ke dalam vagina dan dibiarkan selama tiga minggu; tambalan dimasukkan sebelum seorang wanita berovulasi; dan cincin dan tambalan harus digunakan selama satu tahun. Penggunaan kondom menjadi lebih populer di kalangan wanita usia reproduksi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memilih untuk menggunakan kondom setiap hari memiliki insiden kehamilan yang tidak diinginkan yang lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang tidak menggunakan kondom.

Jenis kontrasepsi lain lebih kompleks. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang menggunakan pil kontrasepsi oral lebih mungkin untuk mengalami kehamilan yang tidak diinginkan dibandingkan dengan wanita yang hanya menggunakan pil KB. Penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang memilih untuk menggunakan IUD lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kehamilan yang tidak diinginkan dibandingkan wanita yang menggunakan jenis kontrasepsi lain. Selain itu, menggunakan metode reversibel jangka panjang seperti kondom juga tampaknya mengurangi risiko kehamilan. Namun, wanita harus ingat bahwa AKDR memerlukan proses pemasangan tahunan atau setengah tahunan dan, oleh karena itu, tidak dapat diandalkan untuk melindungi terhadap kehamilan yang terjadi kemudian dalam siklus.

Sebagian besar perusahaan asuransi tidak membayar untuk jenis metode kontrasepsi tertentu. Untuk alasan ini, banyak wanita harus membayar sendiri biaya metode kontrasepsi. Jenis metode kontrasepsi yang dicakup oleh asuransi dapat bervariasi dari satu rencana ke rencana lainnya, jadi penting bagi wanita untuk membandingkan pilihan pertanggungan asuransi yang berbeda untuk melihat apa yang tersedia. Secara umum, beberapa metode berbeda dicakup oleh sebagian besar rencana asuransi kesehatan; mereka termasuk Depo Provera, pil KB, dan bahkan beberapa bentuk kontrasepsi penghalang. Tergantung pada sumber pendapatan lain yang Anda terima, Anda mungkin bisa mendapatkan bantuan keuangan tambahan untuk membeli jenis alat kontrasepsi yang lebih mahal, seperti IUD, Ring, atau Spons.

Mereka yang dianggap berisiko rendah akan memenuhi syarat untuk lebih banyak pilihan dalam memilih jenis metode kontrasepsi. Karena beberapa perusahaan asuransi membatasi jumlah metode kontrasepsi yang tersedia, mereka yang memiliki gaya hidup berisiko tinggi mungkin harus mencari pilihan lain di luar yang ditentukan oleh perusahaan asuransi mereka. Misalnya, mereka yang merokok, minum alkohol, menderita diabetes, atau memiliki kondisi medis yang sudah ada sebelumnya cenderung lebih sulit mendapatkan pertanggungan untuk IUD atau alat kontrasepsi lainnya. Mereka yang termasuk dalam kategori ini tetapi bersedia mengambil tindakan lain mungkin ingin mendiskusikan pilihan mereka dengan dokter atau profesional kesehatan lainnya.

Saat membandingkan berbagai jenis metode kontrasepsi yang tersedia, Anda harus mempertimbangkan seberapa mudah penggunaannya. Selain kemudahan penggunaan, Anda juga harus mempertimbangkan seberapa sering Anda benar-benar memakai perangkat tersebut. Banyak orang lebih suka menggunakan jenis alat kontrasepsi yang kurang terlihat, seperti jenis IUD atau cincin yang dapat disembunyikan, tetapi ada IUD yang tidak dibuat untuk disembunyikan, dan yang sangat kecil tidak ada yang tahu. mereka sedang digunakan. Sekali lagi, mereka yang secara khusus khawatir terlihat mengenakan perangkat akan menyukai kenyamanan tambahan IUD yang tidak memerlukan pemberian layanan.

Alat kontrasepsi seperti kondom sutra sangat populer karena penggunaannya yang mudah dan mudah didapat di sekitar Anda!