Filter AC Mobil korea

filter ac mobil korea

Kapan Filter AC Mobil korea Harus Ganti

Kapan filter AC mobil korea harus diganti perlu disesuaikan dengan penggunaannya. Apabila mobil sering digunakan pada musim kemarau ataupun hujan maka harus selalu dipastikan kondisinya tetap prima. Apalagi pemilihan komponen fast moving untuk memudahkan ganti filter AC.

Kapan Filter AC Mobil korea Harus Diganti? Simak Tandanya Di Sini

Penggantian onderdil filter AC yang tidak dilakukan pada waktunya akan memberikan dampak buruk bagi AC mobil. Untuk mengetahui pertanda waktunya mengganti AC sebenarnya sangat mudah dilakukan. Dari segi visualnya saja terlihat bahwa filter AC masih kotor meski sudah dibersihkan.

filter ac mobil korea

Tanda lain yang dapat diketahui oleh pemilik mobil korea baru yakni dari hembusan angin blower AC cukup kecil. Hal ini disebabkan oleh terhambatnya filter AC yang tidak bagus karena beberapa faktor. Terlebih mobil sering digunakan maka memperhatikan komponen sparepart filter AC sangat penting.

Mengganti filter AC pada mobil harus dilakukan apabila sudah tidak bekerja dengan baik. Kapan ganti filter AC bisa dengan melihat berapa jarak tempuh dari mobil itu sendiri. Secara normalnya, sebagian besar filter udara kabin diganti setiap 25.000 KM hingga 30.000 KM.

Pada jarak tempuh tersebut biasanya akan ada tanda bahwa onderdil filter AC harus segera diganti. Jika tidak dapat melakukannya sendiri maka bisa datang langsung ke tempat servis. Selain prosesnya cepat juga tidak menyebabkan kerusakan pada komponen AC yang lain.

Dampak Tidak Mengganti AC Mobil korea

Jangan sesekali untuk mengabaikan kondisi filter AC meskipun letaknya berada di bagian dalam. Tidak hanya akan berdampak pada masalah teknis namun juga udara di dalam ruang kabin. Kurangnya perhatian terhadap filter AC membuat udara tidak dapat tersaring dengan baik.

Dengan demikian udara kotor yang dihasilkan oleh AC akan berdampak buruk bagi penumpang jika penggantiannya filter AC mobil korea tidak dilakukan. Sebab udara akan dihirup selama di dalam mobil dan mengganggu pernapasan. Sehingga segera ganti jika filter AC sudah tidak maksimal.

Dampak lainnya mulai dari terhambatnya angin blower atau hanya mengeluarkan angin kecil. Bahkan juga menimbulkan aroma tidak sedap ketika mesin AC dihidupkan. Selain itu juga filter AC yang kotor akan menumpuk bakteri dan tidak baik bagi kesehatan.

Tidak jauh berbeda dengan filter oli ataupun komponen fast moving lain. Setiap komponen memiliki jangka waktu untuk diganti termasuk penggantian filter AC mobil korea. Namun hal ini juga tergantung dari model dan tahun mobil dan bisa dilakukan pengecekan secara rutin.

Tanda Filter AC Harus Diganti

Dalam melakukan penggantian filter sebenarnya tidak dapat ditunda lebih lama lagi. Sebab dampaknya sangat buruk bagi kesehatan dan membuat kondisi kabin kurang nyaman. Apabila filter AC sudah tidak bagus maka akan menunjukkan beberapa tanda yang kurang mengenakkan.

Salah satunya bau yang tidak sedap ketika AC dihidupkan pertama kali. Bau di dalam kabin ini jangan dianggap sepele karena sebagai pertanda bahwa pemilik mobil korea harus ganti filter AC. Selain itu juga Anda sebagai pengemudi akan melihat banyak debu yang terdapat di bagian interior.

Hal ini disebabkan adanya penumpukan kotoran dari AC dan keluar sehingga menempel pada setiap bagian mobil. Pertanda lainnya yakni pada aliran angin menjadi berkurang pada mobil dengan kelengkapan fitur climate control.

Jika sudah diketahui kapan sparepart filter AC mobil korea harus diganti maka akan jauh lebih memudahkan penggantian. Pastikan juga Anda segera mengganti suku cadang filter jika sudah diketahui tanda-tanda dan jangan mengabaikannya karena akan menyebabkan kerugian yang fatal.