Cara Menurunkan Gula Darah, Alami dan Mudah

gambar unggulan

Gula darah yang terlalu tinggi dapat memicu berbagai risiko penyakit. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa mengontrol kadar gula darah yang normal. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti cara menurunkan gula darah secara alami.

Kunci utamanya adalah Anda harus menerapkan gaya hidup yang lebih sehat atau mengkonsumsi obat diabetes. Mulai dari olahraga hingga diet bergizi. Meskipun membutuhkan waktu dan usaha, ini adalah cara yang bagus untuk menurunkan gula darah secara alami.

Cara Sederhana Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Jika Anda menderita diabetes atau gula darah tinggi, pastikan Anda mencoba tips ini!

Rajin Cek Gula Darah

Dianggap sebagai silent killer, kebanyakan orang tidak menyadari kadar gula darahnya di atas normal, yaitu 200 mg/dL. Gejala juga jarang muncul sebelum gula darah menjadi terlalu tinggi.

Karena itu, ada baiknya jika Anda sering mengecek kadar gula darah. Bagi yang masih muda, Anda bisa memulainya dengan 6 bulan sekali atau setahun sekali. Jika Anda berusia di atas 40 tahun, ada baiknya untuk memeriksanya sebulan sekali.

Dengan begitu, Anda bisa mendeteksi jika gula darah Anda sedang naik. Sehingga Anda bisa melakukan langkah pencegahan dan menurunkan gula darah Anda kembali normal.

Minum Air Putih Yang Cukup

Tubuh kita membutuhkan cairan yang cukup untuk dapat berfungsi secara optimal. Jika kita minum cukup air, otomatis tubuh kita bisa membantu menurunkan gula darah berlebih secara alami. Karena cairan dapat memperlancar fungsi ginjal dalam menyaring gula dalam darah. Kelebihan gula ini juga akan keluar melalui urin setelah disaring.

Air dapat memperlancar peredaran darah yang menjamin suplai oksigen lebih terdistribusi ke seluruh tubuh. Dengan begitu, lebih banyak gula yang mengendap di dalam darah bisa diubah menjadi energi.

Namun, pastikan cairan yang Anda konsumsi adalah air. Karena minuman jenis lain akan cenderung mengandung manis bahkan meningkatkan kadar gula darah Anda.

Makan Makanan Berserat

Makanan berserat dapat mengurangi kecepatan penyerapan karbohidrat dan gula. Oleh karena itu, peningkatan kadar gula darah menjadi lebih lambat.

Ada dua jenis serat, yaitu serat yang larut dalam air dan tidak. Meski keduanya baik dan penting bagi tubuh, serat larut lebih berperan dalam menurunkan kadar gula darah.

Makanan yang kaya serat larut meliputi:

  • Pir
  • ubi
  • apel
  • Wortel
  • Alpukat
  • Brokoli
  • Gandum (Oat)
  • Kacang polong
  • Buah jeruk, termasuk limau, lemon, limau, jeruk, dan jeruk bali

Selain makanan tersebut, Anda masih bisa menambahkan semua jenis serat melalui makan lebih banyak sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan yang ideal dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal. Hal ini dikarenakan seseorang yang kelebihan berat badan akan cenderung mengalami kondisi resistensi insulin.

Artinya, sel-sel dalam tubuhnya menjadi “kebal” atau resisten terhadap insulin yang dihasilkan pankreas. Akibatnya, insulin tidak dapat secara efektif menjalankan fungsinya untuk memasukkan gula dari darah ke dalam sel. Pada akhirnya, darah Anda mengandung gula berlebih.

Selain itu, menjaga berat badan ideal juga mencegah berbagai risiko penyakit kritis. Mulai dari penyakit jantung, stroke, hingga tekanan darah tinggi.

Biasakan Berolahraga

Olahraga tidak hanya membantu Anda mempertahankan berat badan ideal, tetapi juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Artinya sel-sel tubuh Anda dapat bekerja lebih baik dalam mengoptimalkan kelebihan gula dalam tubuh Anda.

Selain itu, olahraga juga mendorong otot Anda untuk bekerja. Artinya lebih banyak gula yang akan digunakan untuk menjadi sumber energi dan membantu kerja otot.

Jenis olahraga yang tepat dapat berupa angkat beban, jalan kaki, lari, bersepeda, menari, mendaki gunung, berenang, dan sebagainya.