Cara mengatasi reversal BRI

18

Transaksi reversal BRI adalah pengembalian saldo yang terjadi dari BRI ke rekening nasabah karena adanya transaksi gagal.

Penyebab reversal BRI karena hal tertentu, diantaranya karena terjadi kegagalan time out atau tenggang waktu yang habis, kegagalan transaksi pembelian pulsa; token listrik; tagihan listrik; dan tagihan lain yang terkendala karena hal tertentu, dal lain sebagainya.

Sehingga, proses transaksi tidak dapat dilanjutkan karena tidak ada respon dari host.

“Sejak beberapa waktu yang lalu PT Bank Rakyat Indonesia memberlakukan kebijakan notifikasi SMS secara otomatis akan dikirim kepada nasabah Apabila terjadi transaksi dengan nominal diatas Rp500.000 dari rekening tabungan nasabah”

 

Cara Mengatasi Transaksi Reversal BRI

Jika sudah mengetahui arti penyebab transaksi reversal pada bank BRI di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasi transaksi reversal BRI tersebut. Untuk lebih jelas mengenai solusi maupun cara mengatasi tersebut, bisa simak dan ikuti pembahasan cara mengatasi reversal BRI di bawah ini sampai akhir.

1. Memastikan Jaringan Internet Stabil

Pertama, pastikan jika koneksi jaringan internet yang digunakan untuk melakukan transaksi stabil dan lancar (jika Anda melakukan lewat layanan Mobile dan Internet Banking). Itu guna mencegah terjadinya hal tidak diinginkan saat melakukan transaksi sehingga meminimaliris kegagalan saat melakukan transaksi.

2. Memastikan Nomor Rekening Tujuan Benar

Kedua, sebelum melakukan transfer sebaiknya pastikan bahwa nomor rekening tujuan dimasukkan sudah benar. Jangan sampai Anda salah dalam memasukkan nomor rekening tujuan karena itu merupakan salah satu penyebab kegagalan dan menjadikan reversal BRI.

Selain itu, pastikan juga nomor rekening tujuan dalam kondisi aktif dan digunakan serta tidak ditutup maupun diblokir. Dua penyebab inilah yang kerap terjadi dan menjadikan reversal atau kegagalan saat Anda melakukan transaksi transfer.

3. Mengaktifkan Notifikasi SMS BRI

Selain dua hal di atas, Anda juga bisa aktifkan fitur SMS notifikasi guna memberi tahu Anda jika telah ada transaksi di rekening dengan nominal tertentu. Transaksi bisa saja dengan nominal tertentu seperti misalnya Rp 500.000.

Dengan begitu pihak bank BRI akan memotong saldo sebesar Rp 500 per SMS yang dikirim. Ini juga akan berfungsi dan berguna sebagai notifikasi di dalam rekening Anda ada transaksi baik kredit maupun debit. Sehingga akan lebih aman lagi.