Cara Memilih Lampu Tenaga Surya Murah Menurut Baterainya

18

Setiap malamnya, kita selalu diberikan kehangatan oleh penerangan dari lampu taman yang indah. Menariknya, lampu tersebut ternyata tidak menggunakan aliran listrik dari rumah sehingga cenderung lebih hemat biaya, ramah lingkungan, dan mudah dipasangkan.

Teknologi ini disebut sebagai lampu tenaga surya yang bisa kamu andalkan untuk keperluan rumah tangga ataupun industri.

Khusus untuk penggunaan di rumah, harga dari lampu ini cenderung cukup terjangkau sekaligus mampu memberikan penghematan dalam jangka panjang.

Hampir semua produsen dan solar light supplier mengatakan bahwa lampu kita tersebut mampu bertahan antara 10 hingga 30 tahun.

Akan tetapi, ada banyak orang yang kebingungan ketika mendapati lampu tenaga surya mereka mati hanya dalam kurun waktu 2 tahun saja.

Ternyata setelah dipelajari lebih lanjut, lampu tersebut membutuhkan baterai untuk dapat bekerja secara maksimal setiap harinya.

Varian Baterai untuk Lampu Tenaga Surya

alasan paling umum kenapa lampu tenaga surya berhenti bekerja adalah karena baterai isi ulangnya sudah ngedrop atau aus.

Dengan kata lain, lampu tenaga surya tersebut haruslah tetap dirawat dengan cara dibersihkan setiap bulan sekaligus mengganti baterai setidaknya 2 tahun sekali.

Akan tetapi jika kita bandingkan dengan penghematan yang diberikannya, lampu tenaga surya masih jauh lebih murah dibandingkan dengan lampu biasa yang membutuhkan aliran listrik dari rumah.

Baterai ini sangatlah dibutuhkan karena panel surya mengubah sinar matahari menjadi daya untuk mengisi baterai tersebut, yang nantinya energi pun disimpan di baterai untuk digunakan saat dibutuhkan.

Intinya, pastikan kamu mengganti baterai pada lampu tenaga surya tersebut secara teratur. Untungnya, hampir semua lampu tenaga surya rumahan menggunakan baterai isi ulang berkapasitas rendah sehingga harganya pun tak mahal-mahal amat.

Di zaman sekarang, lampu tenaga surya cenderung menggunakan baterai NiMH (Nickel Metal Hydride) sebesar 1.2V, menggantikan versi NiCd yang lama.

Jangan Asal Murah

Selanjutnya, kamu tak boleh asal murah dalam membeli baterai lampu tenaga surya, karena jika tidak sesuai malah akan semakin mahal.

Ada berbagai macam ukuran dan kapasitas baterai isi ulang sebesar 1.2V NiCd dan 1.2V NiMH yang digunakan pada teknologi solar tersebut.

Ukuran yang paling banyak digunakan adalah varian AA atau AAA. Ada pula beberapa macam ukuran yang jarang digunakan dan sulit ditemukan, seperti 2/3AA.

Jadi sebelum beli lampu tenaga surya, perhatikan baterai yang digunakan biar tidak menyusahkan setiap kali ingin diganti.