Tips Mudah Dalam Budidaya Ikan Mas Yang Berhasil

budidaya ikan mas

Daftar isi konten

Tahukah Anda bagaimana sih tips mudah dalam budidaya ikan mas yang berhasil? Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang makin banyak disukai orang.

Popularitas ikan mas makin meningkat seiring olahan makanan ikan jenis ini yang makin kreatif. Bahkan menu makanan ikan mas banyak dan sering dijadikan menu favorit di berbagai restoran besar.

Tips Budidaya Ikan Mas

Salah satu langkah peting dalam budidaya ikan mas adalah mengkondisikan agar ikan bisa berkembang biak secara optimal. Karena perkembang biakan ikan mas harus secara alami, mari kita dorong ikan mas untuk segera berkembang biak atau kawin.

budidaya ikan mas

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikaan dalam mendorong pembiakan ikan mas agar berhasil.

  1. Ikan mas memiliki kebiasaan sebelumnya yaitu bereproduksi saat suhu hangat. Cobalah tempatkan ikan mas pada suhu yang panas atau gunakan pemanas dan biarkan secara alami membuat air menjadi hangat.
  2. Untuk mendorong ikan berkembang biak, tambahkan makanan dengan kandungan protein tinggi atau Anda juga bisa menambahkan protein pada makannya. Makanan kaya protein seperti daphnia, larva serangga, cacing darah, udang air asin harus selalu digunakan sebagai makanan. Juga tambahkan sayuran dan buah ke dalam makanan mereka agar tetap sehat dan tidak sembelit. Beri ikan mas Anda 3 kali sehari untuk memicu respons pengembangbiakan
  3. Air tawar bagus untuk ikan mas karena membuatnya banyak energi. Setiap harinya ganti sekitar 20% air agar limbah dan kotoran hilang.
  4. Jaga suhu air yang konsisten yaitu pada 21 derajat celcius pada siang dan 10 derajat celcius pada malam hari. Suhu yang tepat akan membuat ikan merassa nyaman untuk melakukan pembiakan.

Ikan mas dalam berkembang biak haruslah secara alami. Mereka hanya bisa melakukan pembuahan ketika masa kawin. Untuk itulah saat musim kawin tiba Anda sebaiknya mengkonndisikan lingkungan sekitarnya agar hasilnya optimal. Jika Anda membutuhkan benih ikan mas, kunjungi saja https://ikanfarm.com.

Demikianlah beberapa panduan dalam budidaya ikan mas di kolam beton yang semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin menjalankan usaha yang cukup menguntungkan ini.