Berbagai Khasiat Timun untuk Kesehatan

gambar unggulan

Mentimun atau timun adalah salah satu makanan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Timun selalu dihidangkan dengan makanan lain contohnya ialah pada lalapan,acar dan salad.

Cucumis sativus L adalah nama lain dari timun. Selain bisa dihidangkan bersama makanan lain, timun juga dapat dikonsumsi dengan cara mengolahnya menjadi jus.

timun min

Timun mengandung banyak khasiat untuk tubuh. Berikut pembahasan mengenai khasiat dari buah timun.

  • Menjaga kesehatan Kulit

Timun memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya ialah untuk rambut dan kulit. Timun bisa digunakan jika kulit lecet akibat terkena paparan sinar matahari.

Selain bisa digunakan jika terpapar sinar matahari, timun juga bisa dijadikan masker wajah. Kandungan B5 yang terdapat pada mentimun dapat memberantas jerawat.

  • Mengatasi pembengkakan pada daerah mata

Bengkak disekitar mata sering disebabkan beberapa kegiatan antara lain  tidur yang terlalu larut malam dan mata yang kelelahan menatap layar monitor. Cara praktis yang bisa dilakukan ialah menggunakan irisan timun yang diletakkan di kedua mata.

  • Menjaga kerja Ginjal

Kandungan kalium yang terdapat didalam timun maupun  kadar kalori yang rendah dapat membuat ginjal mengeluarkan sisa metabolisme lemak yang terdapat di dalam tubuh. Langkah awal mengonsumsi buah ini dengan cara membuat perasan air buah mentimun. Konsumsi perasan air mentimun ini setiap hari, hal itu bisa membuat lambung terbiasa.

  • Membuat tubuh terhidrasi

Manfaat lain dari mentimun ialah membuat tubuh terhidrasi. Timun mengandung banyak air yang bisa memenuhi beberapa persen kebutuha air harian.

Jika ingin mencoba cara lain dalam meminum air putih, bisa dilakukan tips ini, dengan cara menambahkan potongan timun ke dalam air putih. Melakukan hal itu dapat membuat kalian menjadi meminum air lebih banyak.

  • Menjadi pelindung tulang

Kandungan vitamin K yang terdapat dalam timun sangat direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin K di dalam tubuh. Jika tubuh vitamin K dalam tubuh kurang maka dapat membuat tulang anda muda rapuh.

  • Mengatasi Sembelit

Seperti yang diketahui, di dalam timun terkandung banyak air. Air tersebut dapat membantu proses pencernaan makanan yang lebih cepat dan hal ini dapat mengatasi terjadinya sembelit.

  • Menghambat Sel Kanker

Cucurbitacins yang terdapat dalam timun yang mencegah kanker. Beberapa penelitian mengatakan bahwa di dalam timun terdapat  kandungan  flavonoid fisetin  yang dapat menghalangi perkembangan kanker prostat.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Kalium yang terkandung didalam mentimun dapat mengatur total natrium yang dapat ditampung oleh ginjal. Bisa dikatakan bahwa kalium ini sebagai kontrol tekanan darah pada seseorang.

Mentimun juga mengandung banyak vitamin C, kalium serta antioksidan. Maka dari itu tubuh sangat membutuhkan nutrisi tersebut agar dapat mengontrol tekanan darah. Walaupun timun dapat menurunkan tekanan darah tetapi yang perlu diperhatikan ialah pola hidup dengan cara menerapkan hidup sehat.