Apa Saja Pantangan Asam Urat? Simak Penjelasan Detailnya

Apa Saja Pantangan Asam Urat? Simak Penjelasan Detailnya

Mayoritas orang Indonesia akan menyatakan menderita penyakit asam urat ketika mengalami inflamasi pada persendian persendian. Sehingga banyak yang kemudian tanpa memeriksa langsung mencari pantangan asam urat untuk menghindari gejala tersebut timbul dan berkelanjutan.

Padahal tidak demikian untuk mengetahui kondisi tubuh apakah menderita penyakit tersebut atau tidak. Anda wajib berkonsultasi ke dokter serta mengadakan tes tes laboratorium untuk menentukan hasilnya

Apa Saja Pantangan Asam Urat?

Salah satu tanda yang dirasakan oleh pasien ketika menderita penyakit asam urat adalah adanya energi yang tak tertahankan pada bagian sendi. Seringkali disertai pembengkakan serta rasa panas. Yang paling sering terserang adalah persendian lutut jari kaki dan tangan.

Oleh karena itu penderita asam urat wajib untuk menghindari berbagai sumber makanan yang dapat mencetuskan gejala tersebut. Pada umumnya pantangan asam urat ini berupa sayuran hijau serta makanan yang mengandung purin tinggi.

Jeroan Hewan

Jeroan hewan memang termasuk makanan yang sangat lezat apalagi jika diolah menggunakan bumbu-bumbu tradisional. Namun sayangnya bahan baku sajian Ini mengandung purin yang sangat tinggi sehingga terpaksa harus dihindari oleh mereka yang menderita penyakit asam urat.

Contoh jeroan hewan antara lain adalah jantung, hati serta ampela. Baik darii ayam, kambing, sapi, dan burung. Contoh nyatanya adalah hati ayam per 100 gram mengandung kadar purin yang sangat tinggi yaitu sebesar 312 mg.  Sementara 100 gram hati sapi mengandung 219 mg Purin.

Makanan Laut

Banyak yang mengatakan bahwa makanan laut lebih sehat dibandingkan dengan hewan sumber protein hewani darat seperti sapi dan ayam. Nyatanya beberapa daging laut seperti kerang, udang, dan teri mempunyai purin dalam jumlah yang sangat tinggi.

Sebagai informasi, 100 gr teri mengandung 1.108 gr purin. Oleh karena Itu Anda dapat membatasi mengkonsumsi makanan laut atau menggantinya dengan daging ikan yang memiliki kadar purin lebih rendah misalnya salmon.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang Tidak mengandung purin.  namun biasa memiliki kadar fruktosa yang sangat tinggi. Sebab dalam tubuh zat tersebut akan dipecah dan menghasilkan urine yang akan mengganggu tubuh penderita. Oleh karenanya hindarilah mengkonsumsi makanan yang mengandung fruktosa.

Konsumsi Secara Terbatas

Ada pula makanan yang memang mengandung purin tinggi. Namun dalam batas tertentu tetap dapat dikonsumsi. Antara Lain adalah tuna, kacang-kacangan dan bayam  karena kandungan purin yang sangat rendah.

Jika Anda adalah penderita asam urat maka untuk mencegah gejalanya timbul atau memperparah penyakit tersebut ada baiknya hindarilah pantangan asam urat hingga penyakit tersebut dapat teratasi dengan obat dari dokter.

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat membaca artikel kesehatan yang banyak sekali beredar di internet. Namun, harus memastikan agar semua informasi yang dibahas pada tulisan tersebut dapat dipertanggungjawabkan.